photo BannerA1900x150_zps165b0340.jpg

Sandal Lucu, Kreasi Unik Dengan Omset Menarik

sandal lucuMemakai sandal terkadang terasa membosankan bila desain yang digunakan kurang menarik dan terkesan sama dengan desain sandal lainnya yang ada di pasaran. Kondisi  inilah yang bisa Anda manfaatkan sebagai peluang usaha dengan membuat desain sandal lucu yang menarik perhatian para konsumen. Jika biasanya sandal dipasaran hanya berbentuk jepit atau selop dengan desain simpel dan motif yang terbatas. Saat ini mulai bermunculan aneka sandal lucu dengan bentuk dan warna yang beragam. Misalnya saja seperti sandal bentuk hewan (kura-kura, lumba-lumpa, kupu-kupu, kepik, dll), buah (semangka, stroberi, jeruk, dll), animasi kartun (spongebob, naruto, doraemon, dll), sampai sandal boneka yang memiliki nilai jual lebih tinggi dibandingkan harga standar sandal yang ada di pasaran.

Konsumen
Segmen pasar yang paling potensial adalah anak-anak dengan usia 5 sampai 15 tahun. Namun terlepas dari sasaran pasar tersebut, saat ini banyak juga para remaja atau anak muda yang tertarik menggunakan sandal lucu dengan desain unik dan menarik. Jadi tidak menutup kemungkinan bila Anda membuat kreasi sandal lucu dengan ukuran anak-anak sampai orang dewasa. Karena sesuatu yang unik biasanya cukup mudah menarik perhatiaan konsumen, sehingga peluang pasar yang Anda miliki masih sangat terbuka lebar. 

Info Bisnis
Sebelum Anda terjun langsung menjalankan bisnis sandal lucu, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu beberapa hal yang Anda butuhkan untuk memulai peluang bisnis tersebut.
  • Pertama lakukan survey pasar untuk mengetahui selera konsumen. Anda bisa mencari ide unik melalui majalah, internet, atau terjun langsung ke lapangan untuk mengetahui trend mode yang sedang berkembang saat ini.
  • Lakukan pengembangan kreativitas dalam menciptakan kreasi-kreasi sandal lucu, dari mulai pemilihan warna, bentuk, serta hiasan yang digunakan.
  • Gunakan bahan baku yang berkualitas untuk menciptakan produk sandal yang berkualitas. Karenanya, jalin kerjasama dengan para supplier bahan baku di sekitar lokasi Anda untuk mendapatkan bahan baku berkualitas dengan harga yang lebih miring.
Bagi Anda yang tertarik menekuni peluang usaha sandal lucu, berikut ini kami informasikan contoh proses produksi sandal hias dengan cara yang cukup sederhana. 

Cara Membuat Sandal Lucu

Persiapkan bahan untuk membuat sandal lucu :
  • Sepasang sandal karet
  • Sepasang boneka flanel (bisa Anda beli di toko perlengkapan aksesoris/alat jahit)
  • Bahan kaos bercorak (bisa menggunakan kain kaos korea kiloan) buat ukuran lebar 3 cm dan panjang 60 cm sebanyak 2 helai
  • Lem lilin (lem tembak).
  1. Apabila bahan sudah siap, mulailah dengan memberikan lem lilin atau lem tembak pada permukaan pangkal tali sandal.
  2. Setelah diberi lem, tempelkan ujung bahan kain kaos pada permukaan yang telah diberi lem, tekan-tekan sedikit sampai menempel kuat.
  3. Usahakan ujung bahan kain kaos tidak terlihat, agar lilitan Anda terlihat lebih rapi. Caranya, lilitkan 2 sampai 3 kali pada pangkal tali sandal kemudian lanjutkan lilitan berikutnya hingga seluruh permukaan tali sandal tertutup dengan rapi (pastikan semua permukaan tali telah Anda beri lem, tetapi lakukanlah secara bertahap karena lem tembak cepat kering).
  4. Lilitkan terus bahan kaos sampai bagian depan tali dan jangan lupa pada bagian depan tali (yang menyudut) lakukan pelilitan hingga 2 – 3 kali, agar ujung kain tidak terlihat.
  5. Bila proses pelilitan telah selesai, rapikan dengan menggunting kelebihan bahan kain kaos lalu lebihkan kain kira-kira 5 cm untuk pelilitan akhir (agar lebih rapi, usahakan ujung kain kaos berada di bawah permukaan tali sandal).
  6. Langkah berikutnya yaitu memberi lem pada sudut tali sandal untuk menempelkan boneka flanel yang sudah disiapkan.
  7. Agar lebih kuat, tambahkan pula lem pada bagian belakang boneka dan tekan kuat-kuat agar boneka terpasang dengan baik.
Kelebihan Bisnis
sandal unik
Minat konsumen akan produk sandal lucu masih sangat besar, bahkan saat ini perkembangan pasarnya semakin terbuka lebar, sehingga tidak heran jika banyak produsen maupun reseller produk sandal lucu yang memasarkan produk tersebut hingga berbagai pelosok daerah. Selain peluang pasarnya yang semakin bagus, bisnis sandal lucu juga memiliki target pasar yang jelas. Jadi, para pelaku usaha bisa lebih fokus mengembangkan kualitas produknya untuk membangun loyalitas konsumen yang telah mereka bidik.

Kekurangan Bisnis
Disamping memiliki banyak kelebihan dan kemudahan, ada beberapa hambatan yang sering dihadapi para pelaku usaha dalam menjalankan bisnis sandal lucu. Misalnya saja seperti persaingan pasar yang semakin hari kian ketat seiring dengan meningkatnya jumlah permintaan para konsumen. Bahkan saat ini para produsen sandal mulai berlomba-lomba untuk menciptakan kreasi sandal unik dengan harga jual yang sangat terjangkau, sehingga sebagian konsumen lebih tertarik dengan produk sandal yang kualitasnya kurang bagus namun harga jualnya lebih murah dibandingkan produk-produk sandal yang kualitasnya lebih bagus namun harganya sedikit lebih mahal. Kondisi inilah yang biasanya berhasil merusak pasar, sehingga banyak pelaku bisnis sandal lucu yang mulai banting harga untuk menghadapi persaingan pasar yang semakin hari semakin tajam. 

Strategi Pemasaran

Untuk mengenalkan produk sandal lucu Anda ke pasaran, bisa dimulai dengan mengikuti berbagai kegiatan pameran UKM yang diselenggarakan instansi pemerintahan maupun swasta. Strategi pemasaran ini cukup efektif, sehingga produk Anda semakin dikenal masyarakat luas dan membuka peluang-peluang baru bagi bisnis Anda untuk menjalin kerjasama dalam rangka memperluas atau melakukan ekspansi pasar, misalnya saja ada sebagian pengunjung pameran yang tertarik menjadi agen/reseller produk sandal Anda.
Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan media massa sebagai alat untuk mendukung kegiatan promosi produk. Misalnya saja dengan memasang iklan di majalah, surat kabar, membuat website untuk membuka toko online, atau bisa juga mengiklankan sandal tersebut melalui radio maupun stasiun televisi lokal dan nasional. Semakin rajin Anda melakukan kegiatan promosi baik secara online maupun offline, maka akan memperbesar peluang pasar yang ada dan memperkuat brand produk yang ditawarkan.

Kunci Sukses
Dalam menjalankan bisnis sandal lucu, yang memegang peranan penting adalah desain produk yang Anda ciptakan dan bagaimana strategi pemasaran yang dijalankan. Maka dari itu buatlah desain yang benar-benar unik agar para pesaing Anda cukup kesulitan untuk menduplikasikan produk tersebut.
Kunci kesuksesan yang kedua adalah menyusun strategi pemasaran yang kreatif agar produk Anda tidak terlihat murahan atau pasaran. Jadi, sebaiknya promosikan produk Anda melalui para agen resmi atau reseller produk, agar kualitas dan harga jual sandal di pasaran bisa terkontrol dengan baik, dan citra merek yang dibangun bisa tetap terjaga dimanapun produk tersebut dipasarkan.
 
Analisa Ekonomi
Modal awal
Bahan baku awal
(kulit, kayu, karet, pita, boneka, dll)  Rp 10.000.000,00
Sewa bangunan 1 tahun                    Rp 15.000.000,00
Peralatan :
Etalase display sandal                   Rp  1.000.000,00
Mesin jahit                              Rp  2.000.000,00
Peralatan sol sandal
(jarum, benang, lem, dll)                Rp  1.000.000,00+
Total                                    Rp 28.000.000,00
Peralatan mengalami penyusutan dengan rincian sebagai berikut :
Etalase display sandal : 1/48 x Rp 1.000.000,00 Rp 20,800,00
Mesin jahit : 1/60 x Rp 2.000.000,00       Rp 33.300.00
Peralatan sol : 1/36 x Rp 1.000.000,00     Rp 27.800,00+
Total penyusutan/bulan                     Rp 81.900,00
Biaya produksi per bulan
Bahan baku per bulan
(kain, karet, pita, benang, boneka, dll) Rp 18.000.000,00
Gaji tenaga produksi :
300 jam x Rp 3.500,00 x 3 orang          Rp  3.150.000,00
Biaya sewa gedung per bulan
(Rp 15.000.000,00 : 12 bln)              Rp  1.250.000,00
Biaya listrik dan air                    Rp    300.000,00
Biaya transportasi dan pengiriman barang Rp  1.200.000,00
Biaya penyusutan alat                    Rp   81.900,00+
Total                                    Rp 23.931.900,00

Omset per bulan
Penjualan sandal lucu per bulan :
Sandal anak (size 21-35) harga/kodi Rp 300.000,00
40 kodi x Rp 330.000,00        =        Rp 13.200.000,00
Sandal dewasa (size 36-40) harga/kodi Rp 450.000,00
35 kodi x Rp 450.000,00        =        Rp 15.750.000,00+
Total omset per bulan                   Rp 28.950.000,00
Laba bersih per bulan
Rp 28.950.000,00 - Rp 23.931.900,00  =  Rp 5.018.100,00
ROI (Return of Investment)
(modal awal : laba bersih per bulan) =  5,5 bulan

Besarnya untung yang dihasilkan dan luasnya potensi pasar yang dijanjikan menjadi alternatif tepat bagi Anda yang tertarik memulai sebuah usaha. Semoga informasi sandal lucu, kreasi unik dengan omset menarik ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dan menjadi inspirasi bisnis bagi para pemula yang tertarik menekuni dunia usaha. Manfaatkan kreativitas yang Anda miliki dan ciptakan peluang usaha baru bagi kesuksesan Anda di masa yang akan datang. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber : http://almalin.com/wp-content/uploads/2010/11/Sandal-Lucu-21.jpg















 


1 Komentar:

Daniel Benny Simanjuntak said...

Wah walau jual sendal, tapi omset nya lumayan ya! MANTAB! :)

Post a Comment

Hosting Gratis

 
Design by: Ozan Ghani
Sponsored by: Ozan Reload | Agen Tahu Bulat