photo BannerA1900x150_zps165b0340.jpg

Kunci Sukses Berbisnis di Tahun 2012

bisnis 2012 200x150 Kunci Sukses Berbisnis di Tahun 2012
Membuka peluang bisnis baru di awal tahun yang baru tentunya menjadi salah satu alternatif tepat bagi para pemula yang tertarik menekuni dunia usaha. Berbagai macam peluang bisnis pun semakin bersinar terang dan menjanjikan untung yang cukup besar di tahun 2012 ini. Misalnya saja seperti beberapa sektor industri yang belakangan ini mulai marak dilakoni para pelaku usaha yaitu bisnis di bidang penyediaan energi, peluang bisnis berbau teknologi, berhubungan dengan sarana telekomunikasi, jasa keuangan, maupun memenuhi kebutuhan konsumen melalui sektor consumer goods.

Terbukanya peluang pasar yang masih sangat menjanjikan dan besarnya keuntungan yang didapatkan, ternyata mampu memotivasi para pemula untuk mulai menyusun strategi bisnis di tahun 2012 dan segera mengaplikasikannya untuk mencapai puncak kesuksesan usaha.

Nah, untuk membantu para pemula dalam menjalankan usahanya. Pada kesempatan kali ini kami sengaja menginformasikan beberapa kunci sukses berbisnis di tahun 2012 yang bisa Anda jalankan sekarang juga. 

1. Sebisa mungkin kurangi penggunaan bahan baku impor.
Sekarang ini tidak sedikit jumlah pelaku usaha yang memanfaatkan bahan baku impor untuk menciptakan produk unggulan bagi para konsumennya. Padahal, belakangan ini Pemerintah Indonesia mulai membatasi kegiatan impor barang-barang kebutuhan pokok ke negara kita. Sehingga dikhawatirkan kebijakan impor barang yang semakin ketat ini akan menghambat jalannya perkembangan bisnis Anda kedepannya. 

2. Menghindari ketergantungan pasar ekspor.
Selain mulai banyak memanfaatkan bahan baku impor, pelaku usaha di Indonesia kini juga mulai ketergantungan dengan pasar ekspor untuk meningkatkan omset penjualannya. Tentunya kondisi seperti ini cenderung kurang aman bagi para pelaku usaha, sebab seperti kasus krisis global tahun 2008 silam, banyak perusahaan besar yang harus gulung tikar karena permintaan ekspor dari luar negeri sempat terhenti dalam waktu yang cukup lama. 

3. Kembangkan inovasi bisnis Anda
strategi bisnis1 200x149 Kunci Sukses Berbisnis di Tahun 2012 Untuk memenangkan persaingan pasar yang semakin hari semakin padat, tentunya pelaku usaha di Indonesia harus berani berinovasi untuk memenangkan persaingan di wilayah lokal, nasional, maupun di tingkat internasional. Ciptakan ide-ide brilian untuk menarik minat pelanggan dan memenangkan persaingan pasar. Semakin unik inovasi yang Anda tawarkan, maka semakin besar pula peluang yang Anda ciptakan untuk merebut perhatian para pelanggan. 

4. Berhati-hati ketika akan melakukan ekspansi.
Ketika bisnis utama Anda telah berkembang dengan pesat, maka tidak ada salahnya bila Anda memperluas kekuasaan dengan melakukan ekspansi ke beberapa peluang bisnis lainnya. Namun sebelum melakukannya, pastikan bisnis yang Anda pilih masih berhubungan dengan bidang usaha yang telah Anda jalankan. Hal ini penting agar fokus Anda tidak terpecah-belah, dan semua bisnis bisa berjalan beriringan menuju puncak kesuksesan perusahaan. 

5. Mencoba melakukan diversifikasi bahan baku.
Langkah kelima ini perlu Anda ambil apabila bahan baku utama yang biasa Anda gunakan mulai langka ditemukan di pasaran, atau sekedar untuk memberikan sensasi baru bagi para pelanggan setia Anda. Misalnya saja seperti strategi cerdas pelaku bisnis brownies singkong yang kini mulai memanfaatkan tepung mocaf (singkong) untuk mengatasi kenaikan harga tepung terigu yang selama ini menjadi bahan baku utamanya.

Setelah membahas kelima kunci sukses bisnis 2012 ini, diharapkan para pembaca bisa mengambil manfaat dari informasi yang kami sampaikan dan segera memantapkan langkah untuk merintis sebuah usaha. Mulailah dari yang kecil, mulailah dari yang mudah, mulailah dari sekarang. Salam sukses.

Sumber: BisnisUKM.com


0 Komentar:

Post a Comment

Hosting Gratis

 
Design by: Ozan Ghani
Sponsored by: Ozan Reload | Agen Tahu Bulat